Rabu, 04 Januari 2012

Keragaman Budaya


  1. Potensi keberagaman budaya dalam masyarakat
Bangsa indonesia terdri atas berbagai macam suku bangsa dan masing-masing memiliki berbagai macam budaya yang berbeda. Kebudayaan yang dikembangkan di daerah dinamakan kebbudayaan daerah. Kebudayaan daerah merupakan bagian-bagian dari kebudayaan nasioanal.
Manifestasi kebudayaan nasional dapat kita saksikan dari cara berpakaian, cara berbahasa, cara berperilaku dan dari peralatan materi atau artefak yang dimiliki oleh bangsa indonesia.
        1. Pakaian
Kebaya yang dipakai wanita-wanita indonesia merupakan salah satu contoh wujud budaya nasional. Penggunaannya tidak terbatas pada suku, kalangan atau golongan tertentu saja.
        1. Bahasa
Bahasa Indonesia merupakan wujud budaya nasional, sebagai bahasa nasional bbahasa Indonesia berfungsi sebagai:
  • Lambang kebangsaan nasional
  • Lambang identitas nasional
  • Alat pemersatu berbagai suku bangsa
  • Alat penghubung antar daerah dan antar budaya.
        1. Perliaku
Perilaku yang dikenal bangsa asing sebagai budaya nasional Indonesia antara lain sebagai berikut:
  • Gotong royong
  • Musyawarah untuk mufakat
  • Ramah tamah
  • Toleransi dan hormat menghormati

        1. Peralatan
Banyak sekali peralatan materi atau arsitek yang menjadi kebanggaan nasioanl. Misalnya : Candi Borobudur, Prambanan, Mendut dan Panataran.

  1. Karakteristik dinamika budaya Nasional
Pengertian kebudayaan nasional menurut para tokoh budaya antara lain:
              1. Sutan Takdir Alisjahbana, menyatakan kebbudayaan nasional Indonesia sebagai suatu kebudayaan yang unversal (Barat); unsur-unsur yang dikreasikan terutama yang masiih langka similiki masyarakat indonesia masa itu,antara lain:
                1. Tegnologi (maju)
                2. Ekonomi (maju)
                3. Keterampilan berorganisasi
                4. Ilmu pengetahuan
              2. Ki Hajar Dewantara, menyataan bahwa kebudayaan nasioanal Indonesia adalah puncak-puncak kebudayaan daerah. Dalam hal ini telah memasukkan aspek mutu, karena ungkappan puncak berarti unsur-unsur kebudayaan daerah yang paling tinggi mutunya.
              3. Koentjaraningrat, menguraiikan beberapa konsep kebudayaan nasional secara rinnci.
                1. Kebudayaan nasional merupakan karya warga Indonesia, termasuk juga karya-karya orang zaman dahulu diberbagai wiayah tanah air.
                2. Kebudayaan nasional merupakan hasil karya warga negara Indonesia yang tema pikiran dan wujudnya mengandung ciri-ciri khas Indoensia.
                3. Kebudayaan nasioanal merupakan hasil karya warga Indonesia, dan umunya dirasakan memiliki nilai yang tinggi sehingga menjadi kebanggaan orang Indonesia.


  1. Hubungan antar budaya lokal dan budaya Nasioanal
Budaya lokal merupakan adat-istiadat, kebudayaan yang sudah berkembang (maju), atau sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan yang sukar diubah yang terdapat di suatu dareah tertentu.
Kebudayaan setiap suku bangsa yang berada di setiap daerah merupakan budaya lokal. Budaya lokal pada umunya bersifat tradisional yang masih dipertahankan. Tidak semua nilai-nilai tradisional buruk dan harus dihindari, namun nilai itu harus dicari yang dapat mendukung dan membangun, sehingga nilai tradisional tidak bertentangan dengan nilai modern yang terdapatt dalam budaya nasional.
        1. Sistem religi
Bergsernya sistem religi yang berakat pada kepercayaan tradisionalmenuju sistem religi yang berlandaskan ajaran agama, merupakan contooh konkrit adanya pengaruh akibat hubungan antar budaya lokal dengan budaya nasional.
        1. Sistem pengetahuan
Adanya kebudayaan lokal yang mmenjadi bagian dari kebudayaan nasional membbawa bentuk sistem pengetahuan yang lebih modern yang telah mengubbah cara pandang masyarakat terhadap keadaan alam sekitarnnya. Penngethuan tradisioanal yang cenderung berlandaskan pada kemampuan intuitif yang irasional berubah ke pola pemikiran yang lebih rasional.
        1. Sistem tekmologi
Tegnnologi merupakan salah satu unsur kebudayaan yang berkaitan dengan peralatan yang dipergunakan manusia untuk menngubah keadaan sekitarnya maupun keadaaan dirinya demi terpenuhinyakebutuhan hidupnya. Dengan adanya kebudayaan nasioanl banyak mempengaruhi tegonologi tradisional yanng berdampak pada peningkatan kesejahteraan manusia.


        1. Sistem kesenian
Dari waktu ke waktu kesenian tradisioanl sebagai salah satu kkebudayaan lokal mulai ditinggalkan oleh masyarakat generasi muda. Salah satu upaya untuk mempertahankan kesenian tradisional agar tetap lestari adalah dengan memadukan antara muda lokal dengan budaya nasional.
        1. Bahasa
Bahasa merupakan sistem perlambang dalam komunitas. Salah satu ciri bangsa adalah memiliki bahasa daerahyang merupakan bahasa komunnikasi anntar warga dalam kelompok satu bangsa yang bersangkutan. Bahasa nasional yang menjada bahasa bangsa akan menyatukan daerah-daerah yang ada di Indonesia menjadi satu bangsa dengan satu bahasa yaitu bahasa Indonesia.



0 komentar:

Posting Komentar

 
;